blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Friday 6 June 2014

5 Publikasi Kepenulisan yang sering dipakai

Dalam dunia online yang keras ini author bingung saat memilih harus mempromosikan tulisan lewat mana, bahkan sebagian orang juga berpikir hal yang sama. Jika dalam media cetak kita mengenal Gramedia dan lain – lain bagimana jika itu adalah media online. Dimana kita bisa mendapat pengunjung yang mau setidaknya membaca karya kita.


1.       Wattpad.com




Wattpad merupakan web kepenulisan yang memuat banyak tulisan penulis amatir Indonesia, bahkan di sini kita bisa mendapatkan karya dalam Bahasa Indonesia yang kebanyakan berbentuk novel dan cerpen. Keuntungan Wattpad kita bisa berbagi komentar dan saling memberi kritik dan saran di kolom komentar, bahkan ada fitur khusus yang membuat kita harus mendesain sendiri sampulnya. Wattpad adalah website yang menarik untuk mendapatkan motivasi dalm menulis. Tapi terlebih dahulu kita harus membuat akun di sini.

 2. Cerpenmu
 Di cerpenmu dot com kalian dapat membaca kumpulan cerpen bahasa indonesia secara gratis dari para sahabat cerpenmu, ataupun jika kamu seorang penulis atau memiliki hobby dalam menulis cerita, kamu bisa “mempublikasikan” hasil hasil karyamu di sini agar dapat di baca oleh banyak orang dari seluruh Indonesia, GRATIS! dan tanpa akan di pungut biaya sepeserpun!, 
“Ekspresikan dirimu melalui hasil hasil karya cerpen mu di cerpenmu.com!”
Itulah kalimat awal Cerpenmu dot com jika kalian membuka websitenya, cerpenmu tidak membutuhkan pendafataran akun, kalian cukup mengirim karya ke sini lewat form yang telah tersedia. Cerpenmu adalah salah satu website yang dikelola oleh orang indonesia sendiri sebagai wadah berbagai karya. Tertarik? kunjungi saja!

 Kemudian.com adalah wadah berkhayal, bukan bercerita tentang kehidupan sebenarnya. Disini cerita tentang hal yang mustahil adalah wajar.
               Penulis dapat menampilkan cerita yang telah rampung atau cerita yang baru tercetus idenya, settingnya, tokohnya atau bahkan endingnya. Setiap anggota boleh menambahkan bagian lain dari cerita, kemudian bersama-sama kita membentuk cerita itu menjadi suatu cerita yang utuh.
Di kemudian.com kita harus mendaftar seperti wattpad, tapi ada sedikit perbedaan, di sini kita harus mempunyai akun dan saat menerbitkan tulisan kita harus memakai poin yang dikumpulkan dari mengapresiasi karya orang lain. kebayangkan! berarti salah satu yang menjadi runner up di kemudian.com adalah orang - orang yang berkomentar dikarya orang lain yang bisa membatnu kita untuk mengasah dua hal yang sering ada dalam menulis. Yaitu riview dan membaca yang sekarang cukup penting dalam penulisan karya tulis.

Fanfiction.net merupakan tempat kepenulisan yang membuat sang penulis harus menulis cerita lain dari novel atau komik yang ada menggunakan karakter dalam novel atau komik itu sendiri. Ini merupakan tantangan yang bagus penulis untuk mengembangkan cerita yang sudah ada. Fitur fanfiction pun cukup bagus dengaan menyertakan beberapa tombol komentar dan riview. Fanfiction.com bahkan memiliki tampilan yang simple yang tidak memiliki banyak gambar didalamnya. 

 Fictionpress.com hampir mirip dengan fanfiction, tapi fictionpress menerbitkan cerita -certia orginal dari membernya, fitur yang dimilikinyapun sama persis mungkin CEOnya sendiri sama juga karena template yang digunakan juga sama.

      






1 comment: