blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Thursday 22 October 2015

Terselubung Awan Review



            Lama ni gak update, untuk series saya mungkin tertunda juga mengingat saya lagi sibuk dengan berbagai macam hal termasuk, persiapan naskah untuk masuk penerbit. Itu impian semua penulis yang bukunya ingin dipajang di toko buku. Ok, mari kita lihat dari judulnya terselebung Awan, sepertinya Oneshoot ini akan menarik.

            Monolog pemeran utama, terlihat begitu yah mungkin natural bagi beberapa orang tapi untuk saya sendiri terlalu menitik beratkan pada sang pemeran utama itu terasa berlebihan dengan mengungkapan secara aktif apa yang dipikirkan pemeran utama membuatnya terasa membosankan menurut saya. Walaupun selebihnya itu terlihat mengesankan.

            Ada beberapa analogi yang beberapa orang mungkin tidak mengerti dan juga sikap gesture tubuh yang diterangkan pemeran utama terasa ambigu, sikap orang sok bijak misalanya. Semua orang memiliki cara pandang tersendiri dalam menilai sikap seseorang yang dikatakan bijak.

            Humornya juga terasa hambar, ehm masalah gir itu tidak bisa membuat saya tertawa, mungkin karena terlalu banyak melihat jokies seperti itu. Di dalam animasi dan film sehingga feelnya terasa kurang. Bagian terpenting dalam membuat cerita adalah keunikan dan menarik. Ada beberapa jokies yang masih lucu walau diulang.

            Kalau pergantian bagian seharusnya dipenggal dengan tanda titik tiga, kalau dipisah dengan spasi pragraf saja bisa membuat embaa kebingung dengan setting tempat dan alur.

            Ada juga istilah –istilah yang seharusnya menggunakan tanda penjelas di bagian bawah seperti cacatan kaki. Istilah –istilah ini memang di garis miring tapi biarpun begitu pembaca mungkin tidak akan mengerti arti dari kata itu.

            Oneshoot adalah bentuk karya populer dalam pembuatan cerita dengan kata lain, setiap lapisan masyarakat pasti mengerti istilah, bahasa, dan cara penulisan dari karya ini. Alangkah bijaknya untuk memasukan kata penjelas pada istilah –istilah baru.

            Selebihnya karya ini cukup untuk membuat perhatian saya tersita, walaupun penilaian saya bersifat subjektif saya merasa karya ini masih cukup menarik, walaupun plot dan klimaksnya tidak begitu terasa saya cukup bisa menikmati alur dalam cerita.
           

No comments:

Post a Comment