blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Saturday 24 October 2015

Syosetu.com Web Novel terdaftar dari jepang



Syosetu.com adalah bentuk situs yang dimana setiap orang berkompentisi untuk mendapatkan banyak pengalaman dalam hal menulis. Serial Overload dan Tate No yuusha lahir dari tempat ini, jika disebutkan ini versi web novel terdaftar. Jika di Indonesia orang –orang tidak begitu berfokus di jepang tempat lahirnya sesuatu yang berbau Light novel para Developer ponsel berlomba membuat wadah untuk penulis pemula.


Terakhir kali saya mengunjungi jumlah orang yang terdaftar dalam situs sekitar 600.000 dengan jumlah judul yang terdaftar sekitar 300.000. itu semua adalah sesuatu yang menurut saya cukup unik, di Negara dengan jumlah penduduk tidak sampai ¼  dari Indonesia mampu untuk menerbitkan dan membeli buku dalam jumlah ratusan eksemplar. Tapi di Indonesia sendiri hal itu kurang diminati.



Melihat ini saya mencoba mencari beberapa situs yang mirip dan menemukan kemudian.com dan cerpenmu, situs ini memang tidak bisa dibandingkan syosetu tapi paling tidak mereka memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Di syosetu akan diadakan Novel of month dan novel of week terus sampai pada tahap siapa peringkat tertinggi. Semua novel disini harus memiliki serial panjang, kalian tahu kalau jepang itu memiliki penulis LN dan komik yang sanggup membuat debut seminggu sekali. Beberapa majalah menerbitkannya dan di jepang itu cukup sukses.

Memang tidak bisa dibandingkan dengan jepang tapi fokus dari industry kreatif kita terlalu berpusat pada karya luar dan itu memang tidak menjadi masalah. Tapi cepat atau lambat akan membuat karya – karya dari anak bangsa luntur, menyedihkan merasa seperti di jajah tapi tidak ada siapapun yang menjajah. Bangsa yang besar itu lahir karena mereka mampu membuat orang – orang yang besar dan saya setuju akan hal itu.

Sedikit OOT tapi yah, saya hanya membuat teman – teman sekalian berpikir saja, jika di jepang mereka membuat debut dari web novel terdaftar kenapa di Indonesia tidak melakukan hal yang sama, kedua pihak tidak akan rugi sama sekali, penerbit akan mampu meraup untung karena begitu banyak orang yang sudah melihat tanpa perlu sibuk dengan marketing yang ribet dan segala macam pengenalannya. Lalu penulis dapat menguji coba skill layak atau tidak dan dia bisa meningkatkan skill sesuai dengan apa kita bisa.

Perlu diingat sistem rangking lahir untuk membuat orang –orang berusaha keras, bukan untuk membuat kita menjadi orang yang minder, sekian terimakasih

9 comments:

  1. indonesi aharusnya bikin juga kyk gini nihh, kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti ada startup yang tertarik gan

      Delete
  2. Setidaknya sistem ini bisa mengurangi beban penerbit utk menyortir judul2 apa saja yg layak terbit :3 (semisal karya2 yg diikut-sertakan akan dicetak secara fisik).

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem ini bisa membantu mendongkrak pasar juga gan

      Delete
  3. Gramedia sudah punya Gramedia Writing Project. Sudah lumayan. Tapi dasarnya kita malas/gx sempet/gx minat baca, jadinya kurang heboh cetar membahana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi itu hanya satu label kalau disini ada 5 label penerbit besar di negara itu

      Delete
  4. yang punya otoritas tapi gk sadar dan kurang mampu, sedangkan yang mampu gk punya kekuatan/otoritas, benar-benar lucu negeri kita ini. haha saya ingin menangis tapi nyatanya hanya bisa tertawa sendiri. #melihatkebodohanbangsasendiryangkekurangankreatifitaslol

    ReplyDelete
  5. minat baca disini emang kurang sih.. apalagi kalo gak ada gambarnya..
    yg laku itu paling cia*o sama l*ne webtoon.. dan itupun gak dicetak..

    ReplyDelete
  6. minat baca disini emang kurang sih.. apalagi kalo gak ada gambarnya..
    yg laku itu paling cia*o sama l*ne webtoon.. dan itupun gak dicetak..

    ReplyDelete