blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Wednesday 14 June 2017

The Missing Link Review|NovelRingan.Moe

Malam ini saya kembali dengan Review lagi Dengan judul The Missing Link pengarangnya Muhammad Andrean. Pertama kali aku baca untuk bagian awal bab itu sedikit panjang, walaupun testruktur dan mudah dipahami entah kenapa terkesan bertele – tele. Tidak ada komposisi yang pas untuk setiap cerita tapi jika berpedoman pada genre yang diambil seharusnya lebih banyak bagian yang ditonjolkan.

Untuk bagian penggambaran tentang darah dan mayat, lalu makan dengan darah itu saya sedikit terlalu membayangkannya. Banyak kalimat yang pernah saya baca terkait dengan pembunuhan tapi jujur ini pertama kali saya merasa jijik dengan karakter novel, membaca dia menghisap darah dengan nasi entah kenapa seluruh tubuhnya gemetaran. Ok itu mungkin reaksi yang berlainan dari tubuh saya sendiri. Tapi ini pujian karena berhasil menggambarkan suatu keadaan dengan realistis sehingga cukup untuk dibayangkan.

Untuk bagian penataan alur sebaiknya perhatikan lagi beberapa novel luar tidak usah buru – buru menyampaikan masalah. Kalau ingin membuat lebih banyak kejadian sampaikan fakta secara perlahan bombing pembaca sedikit demi sedikit ke arah konflik kemudian tending. Ada banyak bagian yang menurut saya kurang pas juga, nilai plus dari cerita ini adalah narasinya yang bagus.

Jangan lupa juga dengan hubungan antara karakter diperjelas. Berkesan tidaknya suatu karakter itu terlepas dari 3 hal menurut saya. Kekuatan di awal, masa lalu karakter dan jalan hidup yang dipilih karakter. Jangan ciptakan karakter dengan pondasi yang lemah. Semakin banyak sikap kompleks yang dia punya semakin bagus.

Terlepas dari semua itu menurut saya dari nilai 10 saya akan memberikan 6.5 setidaknya saya ingin melihat lebih banyak dilemma dan hal – hal yang berhubungan dengan pengambilan keputusan sang karakter.

Berikut Linknya:




2 comments: