blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Wednesday 7 February 2018

Sira Manusa | Novel Ringan Moe


Review ini pertama di tahun 2018. Kali ini saya akan membuat Review mengenai Sira Manusa Oleh IffandiShadowbender. Pertama kali cerita ini bertalar belakang Indonesia jadi untuk yang tidak terbiasa dengan panggilan Ki atau terlalu sering dengar kata sensei Light Novel ini wajib di coba.

Menceritakan tokoh utama bernama Mega yang keluargnya terbunuh. Pada Bab pertama entah kenapa saya merasa banyak hal yang canggung kemudian berbagai macam intrik yang saya rasa terlalu banyak diceritakan.

Penting untuk menggunakan kata sambung yang lebih bervariasi seperti “lalu,setelah itu, dan,kemudian” kata tersebut akan membuat pembaca untuk bertahan lebih lama pada novel anda. Menggunakan kata yang sama berulang kali akan membuat cerita menjadi janggal.

Karakter merupakan bagian terpenting pada satu cerita. Memberikan semua orang nama memang terlihat seperti layaknya kehidupan yang sebenarnya. Tapi pernahkan anda berpikir dari sudut pandang pembaca. Saya sudah membaca 3 bab awal dan cukup banyak karakter yang muncul dengan nama yang jauh berbeda. Itu membuat saya kesulitan dalam mengingatnya, terlebih lagi hanya satu pargaraf saja nama itu diperkenalkan.

Untuk alur saya rasa cerita tersebut sudah cukup baik. Memperlihatkan beberapa adegan secara atraktif. Banyak adegan – adegan yang perkelahian diramu dengan baik tapi tidak sampai untuk saya bisa membayangkannya. Memukul, melompat,menarik,terlempar serta menghindar kalimat seperti itu jika digabung dalam satu paragrap apakah bisa dengan mudah dibayangkan atau saya saja yang kesulitan membayangkannya.

Perlu diketahui tujuan dari menulis bukan untuk membuat penulis merasa puas tapi agar pembaca bisa menghibur dirinya. Tulislah cerita yang membuat pembaca bisa sejenak menyingkirkan persoalan dunia nyatanya.

LINK :



https://novelringan.moe/story/nco2ky/sira-manusa.html#index-pointer

1 comment: