blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Tuesday 24 November 2015

Mari mengenal judul!


“the information given at the end or beginning of a film or television programme, stating the names of the people who acted in it or were involved in its production”(Kamus Cambridge)

    Sudah tahu judul sering kita dengar dan gunakan dalam esay maupun film judul sering sekali kita dengar dan lihat. Seolah judul menjadi bagian yang terpenting dalam hal tersebut terkadang judul juga ambil bagian dalam kehidupan kita.

    Tentu saja sebagai seorang yang dekat dengan menulis dan membaca judul merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan hal itu sudah berlangsung sejak jaman dimana plato masih hidup dan terbukti judul efektif memberi index pada buku – bukunya.


    Judul adalah perincian atau penjabaran dari topik. Judul lebih spesifik dan sering telah menyiratkan permasalahan atau variabel yang akan dibahas. Judul juga merupakan nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain; identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis, bersipat menjelaskan diri dan yang manarik perhatian dan adakalanya menentukan wilayah (lokasi). Dalam artikel judul sering disebut juga kepala tulisan.


    Ada yang mendefinisikan Judul adalah lukisan singkat suatu artikel atau disebut juga miniatur isi bahasan. Judul hendaknya dibuat dengan ringkas, padat dan menarik. Judul artikel diusahakan tidak lebih dari lima kata, tetapi cukup menggambarkan isi bahasan. Judul tidak harus sama dengan topik.

     Jika topik sekaligus menjadi judul, biasanya karangan akan bersifat umum dan ruang lingkupnya sangat luas. Judul dibuat setelah selesai menggarap tema, shingga bisa terjamin bahwa judul itu cocok dengan temanya. Sebuah judul yang baik akan merangsang perhatian pembaca dan akan cocok dengan temanya.

    Judul hanya menyebut ciri-ciri yang utama atau yang terpenting dari karya itu, sehingga pembaca sudah dapat membayangkan apa yang akan diuraikan dalam karya itu. Ada judul yang mengungkapkan maksud pengarang.


FUNGSI JUDUL :

•   Merupakan identitas atau cermin dari jiwa seluruh tulisan.
•   Temanya menjelaskan diri dan menarik sehingga mengundang orang untuk
     membaca isinya.
•   Gambaran global tentang arah, maksud, tujuan, dan ruang lingkupnya.
•   Relevan dengan seluruh isi tulisan, maksud masalah, dan tujuannya.


 SYARAT- SYARAT PEMBUATAN JUDUL :
•   Harus relevan = Mempunyai keterkaitan dengan temanya atau bagian-bagian penting dari tema.
•   Harus provokatif = Menarik sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa ingin tahu tiap pembaca terhadap isi tulisan.
•   Harus singkat = Tidak boleh mengambil kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangkaian kata yang singkat. Jika penulis tidak dapat menghindari judul yang panjang, maka dapat menggunakan solusi dengan membuat judul utama yang singkat, tetapi dengan judul tambahan yang panjang.
•   Harus asli = Jangan menggunakan judul yang sudah pernah dipakai.


SYARAT-SYARAT JUDUL YANG BAIK  :
•     Harus berbentuk frasa.
•     Tanpa ada singkatan atau akronim.
•     Awal kata harus huruf kapital, kecuali preposisi dan konjungsi.
•     Tanpa tanda baca di akhir judul.
•     Menarik.
•     Logis.
•     Sesuai dengan isi.


PENGERTIAN JUDUL LANGSUNG DAN TAK LANGSUNG :
•  Judul langsung : Judul yang erat kaitannya dengan bagian utama berita, sehingga hubungannya dengan bagian utama berita terlihat jelas.
•  Judul tak langsung : Judul yang hubungannya tidak langsung dengan bagian utama berita, tetapi tetap menjiwai seluruh isi tulisan.

PEMILIHAN JUDUL UNTUK BLOG:
    Beberapa Blogger juga memiliki pembagian judul berdasarkan sub bab yang telah mereka buat. Ini menyangkut dengan adanya tulisan Blogger – blogger ini mengumpulkan dan menganalisa judul yang populer dalam artian mengundang banyak Visitor.

    Hal utama dalam judul adalah menarik minat, berikut beberapa pertimbangan untuk memilih judul.

1.    Judul yang Membuat Pembaca Mengoreksi Kesalahan : ini seperti membuat artikel dengan tujuan untuk pembaca melihat kembali diri mereka kebanyakan blogger kesehatan dan tutorial sosisal sering menggunakan hal ini.

2.    Judul yang membuat Pembaca Belajar: Blgo – blog yang menggunakan ini biasanya blog yang berhubungan how to make atau blog teknik yang mengajarkan secara singkat hal – hal yang kurang dimengerti lewat tutorial.

3.    Judul yang membuat pembaca penasaran : Biasanya blog ini ada pada blog yang menerbitkan berita secara indenpenden dengan mengundang rasa penasaran diharapkan pembaca akan mengujungi blognya. Karena bagian tepenting setelah nafsu adalah rasa penasaran manusia, bahkan terhadap penciptanya.

4.    Judul Yang Memiliki Batas Waktu : biasanya ini adalah blog yang menginformasikan mengenai lomba dan berbagai hal lainnya yang mengacu pada keterbatasan waktu.

5.    Judul Yang Memiliki To Do List : blog ini biasanya memasukan angka di dalamnya untuk mengundang pembaca yang lebih banyak.


       Entah kenapa pembahasan judul begitu kompleks dan sepertinya setelah mencari ke beberapa sumber judul memang terlihat bebas tapi sebebas – bebasnya judul ternyata memiliki aturan tersendiri.

1 comment:

  1. Judul itu ibaratkan wajah gan. Semakin cantik dan menarik sebuah judul maka akan mendapatkan kemungkinan besar disukai oleh orang lain. Kalau saya sering belajar membuat judul dari sebuah berita gan. Bisa dari majalah, tabloit, berita online atau bahkan televisi. Milihat judulnya aja udah bikin penasaran apa lagi tahu dalamanannya, ternyata 'biasa saja'. Hehe... Itulah judul, dapat menipu pembaca. Thanks ya gan. Izin bookmark.

    ReplyDelete