blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Tuesday 25 August 2015

Life With/ Out Magic Review



                Pertama baca dari mulai prolog kesan saya sama Life with/Out Magic kaya baca page naratif deskrif tulisan dari buku sejarah. Mungkin unsur naratif yang terlalu panjang membuat saya harus sedikit sabar. Melihat judulnya ada harapan aksi pertempuran menegangkan diringi dengan kesan pertama sang tokoh utama tapi berbading terbalik dengan harapan saya LN ini memberikan kesan lain.

                LN Life with/Out Magic yang dikarang BisNol-sensei, entah ini nama dari inspirasi apa saya tidak tahu. Cukup untuk membuat pembaca yang menyukai history of life penasaran. Diringi latar belakang sebuah sejarah dan sang tokoh utama baru muncul di tengah chapter pertama ada harapan besar ini akan sesukses My Dearest.

                Saya sebagai Reviewer yang membaca LN ini mempunyai kesan awal yang baik, seperti saya bilang sebelumnya latar cerita sejarah di mulai dengan analogi sederhana tentang rantai makanan. Penulis berusaha menitik beratkan pada sebuah konsep manusia bukan lagi makhluk yang berada di atas rantai makanan dan sebuah kondisi terjadi.

                Konsep tadi berkembang seiring dengan peristiwa lubang dimensi lain terbuka, mainstream untuk LN jepang tapi di kalang LN Indonesia hal ini sangat jarang di pakai. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan jika ingin menulis dengan latar belakang sejarah yang di buat sendiri.

                Belum lagi kita harus membuat istilah tersendiri dalam hal menggunakan kekuatan, saya tidak tahu LN ini akan sampai bagian mana tapi banyak konsep bisa dikembang dengan resiko pembaca menjadi tidak berminat jika LN ini terlalu rumit. Semua orang setuju membaca adalah kesenangan tersendiri tapi tidak semua orang setuju membaca adalah studi ilmiah.

                Kebanyakan LN seperti ini berakhir tidak menarik jika pembaca menyadari ada kesalahan dalam hal perkembangan sejarahnya misalnya di tahun xx pembaca tahu gerbang terbuka dan menimbulkan banyak monster yang melintas antara dimensi tapi beberapa tahun berikutnya tidak ada efek besar yang terjadi.

                Misalnya saja terjadi perebutan tahta dan manusia berhasil di takluk monster di mensi lain yang ternyata monster itu di pimpin oleh manusia. Hal – hal berbau konspirasi yang patut kita masukan dalam light novel bergenre histori.

                Kok jadi saya merasa bikin artikel how to make ya? Lupakan! Saya hanya menyampaikan bahwa LN yang say abaca ini cukup menarik dan menghibur, terlebih lagi banyak misteri yang belum terungkap. Mungkin untuk beberapa bulan ke depan LN ini cukup saya tunggu.

                Bagi yang ingin memperjelas silahkan lihat LN ini di wattpad

3 comments:

  1. Woa mas liyando aja jadi kya nggak ngreview tp mendiskripsikan hehe pis. Kayaknya menarik. Langsung otw ke wattpad.

    ReplyDelete
  2. bagian dari review mas, biar bisa narik minat baca

    ReplyDelete
  3. Semoga yg nulis bisa konsisten dg konsepnya. Konsep yg bagus. Emang kudu sabar awalnya ya haha.

    ReplyDelete