blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Friday 13 December 2013

Tidak Semudah Mengangkat Tangan


                Mimpi adalah bukti kalau kita masih hidup, ingatlah kembali saat kita masih kecil. Seorang guru dengan kapur putih dan kacamata berkaca lebar akan bertanya sambil memberi senyum lebarnya.

                “Siapa cita – citanya ingin jadi polisi ?” separuh anak laki – laki mengangkat tanganya ke atas. Moment seperti ini memang sering terjadi saat kita masih kecil. Tapi saat kita sudah lulus SMA akan terpampang sebuah tujuan yang kita buat, tak akan mudah seperti mengangkat tangan seperti saat kita masih kecil.

                Beberapa orang akan menyerah saat SMA dan beberapa lagi sudah menyadarinya saat SMP. Ini memang bukan tentang kehidupan kita sendiri yang selalu bahagia dan penuh tawa. Tapi ini adalah kehidupan kita bersama orang lain. Ada persaingan di tiap jengkal kita melangkah, yang kalah akan mati dan yang mati akan terlupakan.

                Begitu juga sebagai penulis, satu hari saja kita tidak menulis. Kita akan tertinggal oleh orang – orang yang masih menulis dengan gigihnya. Saat kita meninggalkan  pena di atas meja untuk minum atau sekedar beristirahat, kita sudah tersusul oleh ribuan orang yang bertujuan sama. Karena dunia penulis itu adalah dunia yang akan lahir dari orang – orang yang serius bermimpi.

                Kalian juga pasti tahu beberapa orang yang hidup sebagai penulis dan mendapatkan hasil yang memuaskan tidak bisa terhitung. Penulis adalah kepopuleran semakin popular anda semakin baik jalan yang di tempuh untuk menjadi penulis. Jika naskah kita di tolak atau tidak lulus seleksi lomba jangan di buang ke bak sampah lalu melupakan masa lalu. Karena hal itu sendiri membuktikan bahwa anda hanya berbaring dalam alam mimpi lagi.

                Perlu kalian tahu tidak ada ukuran nilai untuk sebuah tulisan, dengan kata lain nilai bukanlah penentu segalanya dalam dunia tulis menulis. Yang terpenting kerja keras yang bisa merubah kita sebagai orang berbakat. Bukan menjadi orang berbakat tanpa kerja keras.
                Jangan juga cepat puas dengan sesuatu yang belum tentu benar. Tulisan kamu baik, Eydnya baik, plotnya menarik dan alurnya cukup baik. Itu semua adalah contoh pujian yang kita dapat saat menuliskan. Justru ini yang membuat kita besar hati dan menggap penulis lain di bawah kita, ini semua hanya kesombongan yang semu yang akan terkejar dengan cepat.

No comments:

Post a Comment