blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Tuesday 26 April 2016

Warna Warni Web kepenulisan

           Sudah cukup lama saya melihat begitu banyak web kepenulis yang didirikan oleh Negara – negar lain dan hal itu membuat perhatian para penulis cukup baik dalam menyikapi web yang tidak berbayar, dikelola dengan sistem yang baik kemudian membiarkan para pelanggan untuk bisa menikmati web tersebut.

            Layaknya sebuah kata – kata Demokrasi yang berbunyi dari user, oleh user dan untuk user. Kata – kata yang cocok untuk menyikapi apa yang terjadi saat ini. Tapi apakah Indonesia juga ikut berperan demean penduduk yang jumlah hampir 250 juta jiwa apakah Indonesia ikut ?

            Jawabannya tidak untuk 3 tahun yang lalu, dimana wattpad masih Berjaya dengan warna orange simple miliknya, tapi seiring dengan tumbuhnya minat penulis di Negara ini bersama demean minat baca maka muncullah web –web kepenulisan yang divendori oleh orang – orang baru.

            Mereka tidak seangkatan dengan Kompasiana dan kemudian.com. Generasi yang saya bicarakan ini mulai tumbuh dengan membawa berbagai macam penulis veteran dan baru dimana mereka membawa konten – konten baru dalam web yang mereka kelola.

      1.Novel Nusantara
Sebuah web kepenulisan yang interaktif menyajikan konten – konten baru demean berbagai macam pembagian genre. Bahkan web ini menjajikan bonus kepada penulisnya membuat beberapa penulis sedang gencar –gencarnya mengundang banyak pembaca web berkunjung ke tempat mereka.


             2.Cerpenmu.com
Tidak bisa dipungkiri besutan dari penulis ebook gratis yang mendirikan web berfokus pada karya tulis seakan membuat nama – nama baru dalam daftar list penulis web menjadi idola baru dengan sistem submit ke dalam web lalu akan dikonfrmasi oleh pihak website. Penulis akan dapat melihat karya mereka tampil di dalam web mereka.


3        3.SakuraNovel
Besutan dari penggemar Light Novel di Indonesia membuat terobosan baru demean menerbitkan sebuah website yang diharapkan bisa menjadi tulang punggung ke depannya circle besar yang beranggotakan lebih dari 8000. Circle yang dibentuk di dalam FB seakan menjadi angkatan baru dari generasi penulis yang mulai bangkit.



            4.Novel ringan.moe
Bersaing dalam jenis novel yang sama demean sakuraNovel testimonial betanya membuat saya berharap kedepannya mereka akan menjadi salah satu website yang menjadi pilihan penulis untuk menerbitkan karyanya dalam bentuk online.



             5.Storial.co
Tidak seperti ke empat angkatnya storial sepertinya memiliki ambisi dalam waktu dekat ini untuk memimpin para penulis online di web mereka. Konten website yang intraktif serta penjelasan berupa video streming seakan mengatakan mereka sedang berusaha membuat jarak pada generasi saat ini.

6 comments:

  1. emmm.... mantep info daftar blog kepenulisannya kang. blog saya dong ikutin hehe :D

    ReplyDelete
  2. @Mieft Aezeish. bisa kang kapan2 ya. @Anjar GWP masuk jajaran Web kepenulisan yang dikelola secara profesional. kalau menurut saya dia lebih mirip noah, karena kebanyakan yang menulis disana berniat menjadi profesional

    ReplyDelete
  3. Wajib dikunjungi tuh web-web kepenulisan diatas.

    ReplyDelete
  4. kalo saya biasa yang nomor 2 gan, kalo bosen sering main ke blog itu :D

    ReplyDelete
  5. sipenulis.com tolong dimasukin dong..

    ReplyDelete