blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Friday 22 January 2016

Penerbit Haru [Penerbit Review]



Cek Link>> Penerbit Haru


                Kemarin saya sudah membahas penerbitan digital yang mungkin jarang diketahui, kali mau membahas penerbit yang lumayan besar dan berjasa telah menterjemahankan novel – novel popular dari negeri ginseng dan matahari.

                Yap penerbit ini diberi nama penerbit Haru, sudah banyak buku yang diterbitkan bahkan terbilang cukup popular dengan naungan yang cukup besar. Para penulis tidak usah begitu khawatir dengan buku yang akan diterbitkan karena kualitasnya cukup terjamin. Beberapa penulis yang memakai latar luar negeri juga kebanyakan memulai debut dari sini.

                Penerbit haru juga mengajak beberapa penulis pemula dan penulis pro untuk bergabung ke dalam circle mereka. Dengan ketentutan sebagai berikut
Syarat pengiriman naskah ke Haru

Jenis naskah yang dibutuhkan adalah naskah fiksi dengan genre drama, romance, romantic comedy, romance fantasy, suspense/thriller.

1. Untuk pembaca remaja

    Contoh: Oppa & I: Love Missions karya Orizuka dan Lia Indra Andriana

2. Untuk pembaca dewasa muda

    Contoh: Close to You karya Clara Canceriana

3. Untuk pembaca dewasa

    Contoh: 4 Ways to Get a Wife karya Hyun Go Wun

Kelengkapan pengiriman naskah

    Naskah novel
        ukuran kertas A4
        margin standard
        Calibri 11, spasi 1,5
        100-150 halaman
        Format data (word-> .doc ataupun .docx)
        Nama file naskah: Nama kamu_Judul Naskah. Contoh: Lia_Paper Romance.
    Sinopsis

    Sinopsis adalah keseluruhan cerita dari awal sampai akhir. Melalui sinopsis redaksi harus tahu keseluruhan alur cerita sampai pada halaman terakhir. Jangan menyembunyikan akhir cerita karena sinopsis di sini bukanlah sinopsis komersial untuk di belakang buku.

    Tulislah sinopsis maksimal 4 halaman A4 1,5 spasi dengan Calibri 11.
    Nama file sinopsis: Nama kamu_sinopsis ‘judul naskah’. Contoh: Lia_Sinopsis Paper Romance.

3. Biodata penulis

    Sertakan nama lengkap, TTL, alamat, no handphone, twitter, facebook, alamat blog/website serta prestasi dibidang penulisan termasuk novel yang sudah pernah diterbitkan secara nasional (oleh penerbit major) (JIKA ADA)
    Nama file biodata: Nama kamu_biodata. Contoh: Lia_Biodata

Kirimkan semua kelengkapan naskah dalam satu email (semua file dilampirkan/attach, bukan di copy paste di body email) ke naskah.haru@gmail.com. Subyek email adalah: Nama_Tanggal Pengiriman Naskah(Tanggal.Bulan.Tahun)_Judul Naskah.

Contoh: Lia_19122012_Paper Romance



Konfirmasi terbit naskah

Kami akan memberitahu apakah naskah Anda bisa terbit atau tidak terhitung 3-4 bulan sejak naskah Anda kami terima. Apabila Anda belum mendapatkan email konfirmasi, silahkan mengirimkan kembali atau bertanya melalui email yang sama.

                Terkadang kabar konfirmasi bisa lebih dari 5 bulan, hal itu terjadi karena banyaknya naskah yang masuk ke menejemen penerbitan. Ada beberapa teman penulis bahkan yang mendapat kabar setelah 8 bulan itu tergatung dengan kondisi penerbitan sendiri sih.
                Karena termasuk ke dalam penerbit besar, Penerbit haru menerbitkan buku dan memasarkannya lewat took buku di seluruh Indonesia bahkan mereka juga memasuknya ke dalam toko online dan bisa dipesan.

                Penerbitan ini memang besar dan tidak jarang mereka cukup dingin pada pemula, hal itu bisa dimaklumi kontribusi yang dilakukan para pemula belum bisa diukur jadi tidak jarang para penulis yang gagal tidak mendapat follow up lebih lanjut. Beberapa teman penulis yang cerita naskahnya ditolak dengan kata permohonan maaf dan tidak ada follow up lebih lanjut yang kadang membuat penulis yang bersangkutan frustasi.

                Sampai disini dulu artikelnya, kalau berkenan sampai berjumpa di artikel berikutnya. Bye - bye.

No comments:

Post a Comment