blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Thursday 14 January 2016

Nulisbuku.com [penerbit review]

            Akhir – akhir ini saya mendapat libur yang mungkin bertahan selama beberapa bulan kedepan. Entah kenapa membuat saya malas, jadi untuk mengawali tahun yang baru saya membuat Review untuk beberapa penerbit deh, hitung – hitung berbagi sudut pandang antar sesama pengguna jasa.


Seperti namanya nulisbuku.com adalah vendor yang mengelola penerbitan secara selfpublisihing atau penerbitan mandiri. Nulisbuku.com hadir ditengah maraknya penerbit indie dengan kualitas layak diakui sebagai salah satu mandiri terbaik.

Nulisbuku.com saat ini sudah banyak menerbitkan buku – buku dengan banyaknya katagori yang diterbitkan membawa angin segar kepada penulis – penulis baru yang kesulitan untuk mencetak bukunya. Kelebihan mencetak buku 1 copy seakan menjadi hal yang baru pada saat itu dimana beberapa penerbit mandiri tidak menerima pemesanan satu buku.

Tapi semakin lama penerbitan ini menjadi penerbitan yang bisa dikatakan tidak begitu baik untuk para pembaca dan menjadi penerbit kelas dua. Penerbit ini tidak memiliki kolom untuk mengenalkan para penulis beserta latar belakangnya, hanya penulis – penulis terkenal saja yang mereka tampilkan dalam website membuat sebagaian penulis yang memiliki nama baru seakan tersingkir secara tidak langsung.

Tidak ada upaya promosi dari website pun menjadi kendala bagi penulis baru untuk berkembang, sejumlah uang harus rela di keluarkan agar mendapat promosi yang layak hal itu menjadi lebih berat lagi setelah fitur – fitur baru yang hadir harus mengeluarkan biaya diluar pembelian 1 copy buku yang ingin diterbitkan. Ini membuat penulis yang ingin terjual lebih banyak harus mengeluarkan uang lebih banyak, tidak ada yang bisa mengalahkan kekuasaan uang.

Hal ini menjadi tidak sehat dalam industri penerbitan buku bagi pemula, penulis pemula kebanyakan berharap untuk mendapat promosi dari website yang membantu penerbitan buku mereka tak jarang penulis pemula yang tidak mengerti bagaimana jalur penerbitan harus menerima pil pahit karena tidak ada yang menerima buku yang mereka terbitkan.

Kualitas dari penerbit mandiri semacam ini juga tidak bisa dipersalahkan, yah mengingat siapun bisa menerbitkan buku dalam website tersebut dan setelah proses selesai buku mereka langsung berada dalam katalog website, tidak ada editor bagi yang tidak membayar membuat kualitas tulisan menjadi turun bahkan cenderung rusak. Karena kebanyakan penulis baru hanya tahu percakapan dan penulisan dasar tanpa dilengkapi dengan keterampilan mengedit.

Walaupun seperti itu kedepanya mungkin penerbit nulisbuku.com akan menghadirkan fitur – fitur baru yang menyangkut penerbitan buku. Di dalam website yang terakhir saya buka nulisbuku.com sudah menyediakan beberapa tutorial penerbitan yang bisa dikuti oleh pemula. Nulisbuku.com juga memiliki fitur yang membantu penjualan buku indie anda jadi seperti yang saya katakan, jika ingin terjual lebih banyak anda harus mengeluarkan uang lebih banyak juga.

Sepertinya masalah utama yang dihadapi pemula jika memakai jasa ini adalah pembelian buku itu sendiri. Pembelian buku secara online yang dipandu lewat email, sebenarnya hal ini terlalu rumit untuk beberapa pembaca terkecuali mereka sangat menyukai karya suatu penulis, ada sebagian pembaca yang malah mengeluh mengenai biaya kirim yang lebih mahal dari biaya buku itu sendiri juga menjadi penyebab utama buku – buku yang terbitkan disini jarang terjual bila mereka tidak giat dalam promosi buku itu sendiri. Mungkin kata jarang terjual hanya berlaku pada pemula yang tidak begitu bisa menonjolkan kelebihan buku mereka hinga pembeli tertarik, saya rasa hal itu cukup wajar karena sebagian penulis juga tidak memiliki kelengkapan sebagai ahli marketing.
Sekian dari saya dan sampai bertemu di penerbit Review berikutnya. Untuk yang baca terimakasih banyak ^_^

1 comment: