blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Saturday 16 January 2016

Novel Nusantara [Penerbit Review]

                Lagi keliling grup kepenulisan ketemu yang pos Domain Grup Novel.id, untuk pertama kalinya aku terdiam. Jarang sekali melihat penerbitan digital vendornya berasal dari Indonesia. Untuk penjelas kenapa saya tahu berasal dari Indonesia, dikarenakan domain belakangnya adalah kode area Negara.

                Novel.id atau bisa disebut Novel Nusantara tampaknya sudah memiliki banyak user yang cukup aktif membagikan tulisannya sepertinya tulisan saya yang berharap adanya vendor dari Indonesia yang ingin mengelola Web Novel akhirnya terwujud.

                Event pertama mereka yang berlangsung saat pos ini ditulis adalah Cerita Pendek, lumayan mengiurkan melihat hadiah yang tertera. Tapi mau gimana lagi akibat project banyak yang belum selesai mungkin Event ini akan saya lewatkan secara tidak langsung.

                Untuk tampilan Website, saya baru pertama kali melihatnya. Tampilan kategori diubah dalam bentuk berbaris ke bawah. Hal ini memang terlihat seperti inovasi baru yang ditampilkan. tapi hal yang patut disayangkan pos Event dengan pos dari user digabung menjadi satu walaupun sudah dipisah entah kenapa saya merasa tidak enak saja.

                Jika di wattpad dan ngomik.com kita menemukan tab Event yang berpisah sepertinya disini user harus sedikit maklum akan hal itu. Ada beberapa main menu juga belum terisi dengan baik, seperti kolom tentang tidak memuat informasi yang diperlukan, kolom lain seperti FAQ dan lain – lain masih belum memuat informasi yang diinginkan user.


                Untuk pembagian pos kita juga bisa melihat secara langsung jumlah pos pada daftar topik, dimana daftar Topik berbentuk simbol pada sebelah kanan atas.


                Walaupun tertulis Dilarang menyalin sebagian atau keseluruhan isi dari website ini tanpa seizin pemilik asli tulisan atau postingan tapi sepertinya itu hanya berbentuk peringatan saja, tidak seperti beberapa vendor webnovel luar negeri yang menggunakan anti copy, Novel nusantara seakan tidak memproteksi pos yang mereka tampilkan.


                Karena tampilannya berbentuk thread saya jadi teringat dengan kaskus dan facebook yang memberikan pos dalam bentuk thread. Karena sifatnya yang familiar mungkin ke depannya Novel Nusantara akan bersaing dengan Kemudian.com dan Cerpenmu untuk web yang memuat sastra dan literatur.

                Sampai disini pengenalan dan Review saya pada penerbitan digital, ehm istilah populernya web novel yang baru saja lahir. Sampai bertemu di pos berikutnya.

3 comments: