blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Saturday 14 November 2015

Tipe - Tipe Penulis


Ada beberapa tipe penulis yang mungkin teman – teman sekalian masih penasaran, tipe – tipe seperti apa yang melekat pada penulis yang agan gemari dan itu bisa menjadi perbandingan kita sendiri sebagai pembaca atau penulis baru untuk lebih mendalami tipe –tipe tersebut.

            Tipe Jenius

            Semua orang yang mendengar nama Raditiya Radika dan komikus oda pengarang one piece pasti menyukai banyak yang menyukai karya mereka, itu adalah tipe jenius dalam menulis. Istilah ini saya ambil karena dari gaya penulisannya yang terlihat tidak konsisten. Kalian tahu sendiri sebelum menulis kita harus menyusun kerangka kemudian menentukan tema serta alur kan?

Tapi penulis seperti mereka langsung saja menulis, mereka tidak memikirkan hal - hal teknisi dalam menulis dan hal itu terbukti berhasil. Mereka bahkan tidak mendapat WB(writing Block) yang terkenal membunuh karir para penulis. Memang sih ada juga yang gagal dalam artian mereka mampu menulis tapi tidak bisa membuat karya memenuhi permintaan pasar.

Tipe Penghitung

Jika sebuah bola dijatuhkan dari jarak 10 meter dan kemudian jalan menukik sebesar 20 derajat laju dari bola tersebut dapat menyentuh tanah dalam waktu, seperti halnya kalimat tadi pikiran Tipe penulis Penghitung jauh lebih ribet dari contoh yang saya berikan. Orang ini memiliki perhitungan cerdas dan mampu menerapkannya dengan baik hal – hal yang tidak menarik dan menurutnya tidak menjual akan segera dibersihkannya. Orang yang paling terkenal memakai tipe ini adalah penulis paling kaya di dunia JK Rowling.

Memang berhitung adalah keahlian dasar manusia setelah berbicara dan menulis. Pantas saja banyak orang yang menggunakan cara – cara seperti ini selain sifatnya rumit cara ini juga memakan waktu lama. Orang – orang akan tidak sabar menunggunya dan itu bisa membuat banyak WB karena apa yang dihitung terkadang tidak sesuai dengan yang dikerjakan.

Tipe Pemimpi

Tipe ini adalah tambahan, menurut saya ada beberapa penulis yang berharap tanpa berusaha. Menulis hari ini tidak sama dengan esok. Bisa saja itu akan terus berganti dengan kata nanti lagi, jadi setidaknya sebagai seorang penulis paling tidak bisa menulis dalam waktu satu hari dan jangan hanya bermimpi menjadi penulis terkenal tanpa melakukan apapun.

3 comments:

  1. gue tipe jenius bray, liat aja tulisan-tulisan gue yang gak bermanfaat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bermanfaat atau nggak mah itu tergantung yang baca bro

      Delete
  2. Ujung-ujungnya berbakat atau kagak ya bro. Hehe.

    ReplyDelete