blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Saturday 8 August 2015

Kenali Kendala Jatuhnya Motivasi Menulis!

    Seperti judul yang tertera, di artikel ini saya akan menjelaskan bagamana agar kita bisa “Kenali Kendala Jatuhnya Motivasi Menulis!” yang mana bagi saya sendiri itu sangat sulit. Ada semacam tekanan yang dirasakan jika kita ingin menulis dalam kondisi tidak baik atau istilahnya tidak mood. Hal itu berakibat buruk terhadap konten yang kita buat.

    Ada dua macam hal yang menurut saya bisa membuat orang lain tidak bisa melanjutkan tulisannya. Bagi kalian yang membaca mungkin banyak hal yang menurunkan semangat untuk menulis sehingga membutuhkan sebuah motivasi. Sama seperti sebuah pemeriksaan kita harus melihat dari rasa sakit yang timbulkan bukan dari bagaimana penyakit itu bisa hilang.

    Tapi sebelum berangkat ke dua bagian itu, terlebih dahulu kita harus mengenali tujuan untuk menulis tersebut. Banyak orang mempunyai tujuan yang bisa dikatakan terlalu berkhayal, menulis untuk sekedar pelepas penat atau menulis untuk membagi ilmu pengetahuan. Itu adalah motivasi yang hanya bertahan selama 3 hari saja. Mereka yang menulis setengah – setengah hanya akan membuat orang lain geram.

    Menulis itu bagi orang – orang yang hidup dengan huruf adalah survival. Jika tidak menghasilkan kata dia mati, jika tidak ada proyek dia mati, atau jika bukunya tidak bisa terbit dia mati. Mati yang saya maksud di sini semua hal seolah bergantung pada tulisan. Bukan kematian fisik yang dialami tapi juga kematian mental.

    Ada rumus pasti dalam menentukan motivasi, orang yang menulis setiap hari pastinya orang yang meletakan motivasi hidup dalam tulisannya. Orang – orang tersebutlah yang dapat menulis tanpa berhenti bahkan mereka akan terus memikirkan apa yang akan mereka tulis saat tidak berada di depan laptop atau notes.

    Ok kembali ke dua hal yang mempengaruhi yang menurut saya dapat berpengaruh menurunkan motivasi sekaligus meningkatkannya jika di kaji dalam sisi konten tanpa memperdulikan masalah sang penulis.

    Bagian pertama, tulisan yang dibuat buntu atau tidak memiliki ide sama sekali untuk melanjutkannya biasanya mereka menyebutnya Writing Blok. Hal ini sebenarnya terletak pada kerangka penulisan, banyak penulis yakin mereka dapat menulis tanpa kerangka. Tapi menghindar terbuangnya waktu malah membuat tulisan mereka masuk daftar tunggu.

    Tapi, jika anda terlanjur masuk dalam lubang ini maka cara terbaik untuk membuat tulisan itu bisa dilanjutkan adalah dengan membaca ulang tulisan, jika tidak bisa juga maka anda mungkin berada pada tahap selanjutnya.

    Bagian kedua, tulisan yang dibuat terasa membosankan bagi anda. Ada beberapa penulis yang mengatakan jika ingin membuat pembaca tersentuh buatlah sesuatu yang bisa menyentuh anda. Jika ingin membuat pembaca tertawa buatlah sesuatu yang membuat anda tertawa.  Jika ingin membuat pembaca penasaran buatlah diri anda penasaran dulu, jadi jika anda sudah merasa bosan dengan tulisan yang anda buat lebih baik anda mencari cara lain untuk membuat tulisan anda menarik.

    Kedua hal ini memang bukan faktor yang membuat motivasi orang lain turun ada banyak faktor lainnya yang perlu di tinjau tapi dari keseluruhan kasus yang dihadapi penulis. Faktor itu berakar dari kedua hal ini.

    Menjaga motivasi itu bukan sebuah kebutuhan yang bisa dikesampingkan bagi seorang penulis, jika motivasi tidak terjaga selamanya anda akan menjadi penulis dengan label pemula.

4 comments:

  1. Emang bener - bener susah kalau menghayal saja :3

    ReplyDelete
  2. Yosh! Sudah mengingatkan. Saya juga kayaknya masih terjebak di ruangan Rookie. Namun dengan adanya kesempatan yang saya buat maupun tidak sengaja selangkah demi selangkah keluar dari ruangan Rookie.
    SEMANGAT!!

    ReplyDelete
  3. saya sangat suka bait :
    jika ingin membuat pembaca tersentuh buatlah sesuatu yang bisa menyentuh anda. Jika ingin membuat pembaca tertawa buatlah sesuatu yang membuat anda tertawa. Jika ingin membuat pembaca penasaran buatlah diri anda penasaran dulu

    dan saya sangat setuju, mantap gan, lanjutkan...
    tulisan tulisan anda sangat memotivasi saya.

    ReplyDelete
  4. wah mantep nih tulisannya gan :D kadang emang sih males, kayanya trafik biasa, blog sepi, kalo dapet feedback kayannya jadi semangat, artikelnya bermanfaat bang :D thanks :D

    ReplyDelete