blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Wednesday 19 August 2015

Bagaimana Penerbit Light Novel Mf books ?


Membahas sebuah novel atau karya tulis pasti tidak bisa lepas dari satu bentuk perusahan yang bernama penerbit, entah itu CV atau PT. Penerbit berperan aktif sebagai media pemasaran buku sekaligus penanam modal buku tersebut. Buku – buku yang telah kita lihat di rak – rak toko buku adalah hasil kerja mereka, jajaran editor serta desainer sampul adalah orang –orang yang berada di lapisan penerbitan. Tapi pernahkan anda sadar tiap penerbit memiliki cara tersendiri untuk memasarkan produknya.

Di artikel kali ini kita akan membahas sebuah tempat yang dikatakan penerbit dan bagaimana sistem mereka menjual buku – buku tersebut kepada masyarakat. Sudah jadi rahasia umum penerbitan di Indonesia memiliki website – website yang cukup untuk membuat para penulis pemula mengirimkan naskah mereka. Tapi bagaimana dengan penerbit yang ada diluar.

Kali ini saya sedikit penasaran dengan sistem penerbitan jepang, kalau di Indonesia buku bisa di cetak hingga 1000 buah dan laku keras sudah menjadi rahasia umum untuk di cetak ulang. Tapi bila kita berada di jepang buku – buku akan di cetak sebanyak 200.000 hingga 300.000 dalam sekali cetak, angka yang mampu membuat saya berpiikir berapa royalti yang masuk ke dalam kantong dengan satu buku saja.

Jepang adalah Negara konsumitif dalam hal membaca di badingkan Indonesia sebuah buku di jepang bisa terjual hingga satu juta eksemplar dalam satu tahun. Jadi dalam hal penerbitan angka ratusan ribu itu sudah biasa.

Karena saya menyukai Light novel jepang yang terdiri dari naskah dan gambar dimana naskahnya memiliki paragraph pendek dan gaya bahasa yang bebas, kalau di Indonesia biasanya teenlit sih, membuat saya cukup betah untuk membacanya makanya saya mencoa mencari penerbit luar yang menerbitkan LN.

Dari Light novel ada berbagai macam penerbitan sama seperti di Indonesia yang memiliki banyak penerbit dan salah satunya adalah MF books, uniknya MF books mengambil beberapa naskah yang di terbitkan secara berkala di salah satu website publikasi penulisan atau web penulis tanpa menghapus tulisan tadi di dalam website entah ini strategi marketing atau memang tidak di sengaja membuat saya cukup penasaran kemudian membuka halam web tersebut.

kalian juga bisa lihat di mfbooks

  
Melihat tampilan website dari penerbit MF books yang friendly membuat saya jadi ingat selain jepang adalah Negara yang penuh dengan inovator,  jepang juga unggul dalam hal teknologi jadi tidak mengheran jika mereka memiliki website penerbit yang minim tulisan tapi mampu membuat kita melihat lebih jauh dengan desain yang membuat kita tidak mengeluh.


Sistem Rangking adalah sistem yang umum kita temukan di sekolah sebagai sarana untuk membuat para murid bisa bersaing mendapatkan bangku – bangku peringkat. Rupanya sistem ini juga di gunakan MF books sebagai sarana untuk memacu penulis lebih berkarya lagi dan juga membuat pembaca mengetahui buku mana yang banyak di beli. 
 
Yah favorit saya Tate no yuusha ada di peringkat 2 dalam penjualan, asik LNnya bakal lanjut terus. Di awal tadi saya lupa menyampaikan bahwa sistem series atau rantai buku membuat sebuah buku di jepang menjadi cepat laku. Sama halnya dengan komik entah kenapa jepang memiliki editor yang mampu membuat penulisanya menulis banyak sekali seri demi kepentingan pasar.



Tidak cukup dengan sistem Rangking tadi MF books juga memberikan penghargaan secara berkala pada penulisnya, entah itu runner up atau the best apalah sampai hal – hal paling minim membuat para penulis dapat berbangga diri. Pujiaan adalah senjata terampuh untuk membuat kenerja lebih bagus ternyata di terapkan dengan sangat baik oleh MF books.



            Seperti yang dikatakan tadi sistem series dapat membantu penerbit mendongkarak sebuah penjualan. Misalkan saja di penerbitan buku pertama terjual 100.000 buku maka di penerbitan buku kedua penerbit dapat melipatkan sebanyak 20 % atau lebih dari penjualan buku. Sistem ini juga bertujuan memberikan dampak baik dalam hal penjualan. Perlu di ingat rasa penasaran manusia dapat membutakan segalanya.


            Tidak perlu terlalu banyak deskripsi dalam menjual sesuatu membuat minat pembaca menjadi lebih menggebu – gebu. Deskripsi pendek dan sampul yang menarik membuat Mf books bisa membuat calon pembaca mereka merogoh kocek demi buku tersebut.

            Sekian perjalan kita melihat MF books, penerbitan LN jepang yang sudah menerbitkan banyak Light novel seru. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

5 comments:

  1. buset kalo di jepang banyak banget sampe 200.000 hingga 300.000 dalam sekali cetak

    ReplyDelete
  2. di jepang kok bnyk bnget dalam sekali cetaknya

    ReplyDelete
  3. Jadi kepikiran buat ngirim ke MF books. Tapi bhsa inggris gx lancar. Apalagi bahasa jepang. Hwahahaha.

    ReplyDelete
  4. udah buka
    dan nggak ngerti bahasanya

    aahaha

    ReplyDelete