blog Novel a hittori yudo, Bagian yang terus tumbuh adalah cerita, dan sastra adalah cara untuk menceritakannya

Monday 23 February 2015

Web novel


        Web novel, kalian pasti sudah tahu apa itu web novel. Bisa di bilang web novel adalah geberakan baru dari dunia publikasi novel. Web novel memiliki tingkat kepopuler sendiri, di Negara maju web novel merupakan salah satu ajang untuk mencari calon pembeli novel bagi penulis yang karyanya sudah diterbitkan.

Bahkan ada beberapa web novel yang membuat side – story untuk novel yang mereka buat sebagai cara untuk menarik calon pembeli. Beberapa web novel juga dilengkapi dengan fitur untuk masuk ke dalam laman penjualan buku mereka.

                Web novel biasanya berisi chapter – chapter pendek yang lebih pendek dari yang sering kalian baca di novel. Chapter – chapter pendek sebenarnya hanya di baca untuk sekali duduk, di jepang sendiri web novel terdiri dari 140 kata, biasanya kita sebuat flashficton. Mereka hanya membaca saat berada di kereta atau sedang menunggu antrian.

                Kalau di Indonesia sendiri web novel sangat jarang ditemukan, kalau pun ada biasanya hanya berisi beberapa tulisan ringan tentang keseharian penulis. Kalau di Negara maju web novel biasanya memposting ceritanya setiap satu hari sekali, atau seminggu sekali. Tentu saja tergantung dari penulis itu sendiri.

               Ada berbagai macam tujuan orang membuat web novel, kalau saya sendiri sih untuk meningkatkan kualitas menulis. Tapi ada beberapa penulis yang bertujuan untuk mengiklankan bukunya ada juga hanya untuk mengisi waktu kosong. Kalau di jepang web novel itu seperti jalan singkat untuk menembus penerbit. Jika kamu populer maka penerbit akan segera menghubungimu, mungkin di Indonesia akan sedikit orang yang melakukan itu.

                Untuk web novel sendiri ada beberapa media yang membantu untuk mencari pembaca seperti wattpad,kemudian.com, ngomik.com dan banyak lagi tergantung tingkat kecocokannya. Atau beberapa orang yang lebih memilih untuk membuat web novel dari blogspot,tumblr dan banyak lagi. Tinggal pilih sendiri kalian mau menggunakan yang mana.

                Perlu diingat kalau web novel adalah gratis itu berarti yang melihat tidak dipungut biaya apapun, mungkin inilah yang membuat beberapa orang tidak begitu berminat untuk membuat web novel. Sebenarnya web novel itu juga memiliki tingkat kesulitan dalam pembuatan cerita, berbeda dengan komik online yang memang memiliki penggemar yang meninginkan hal gratis.
 Web novel seolah membuat pemiliknya harus mendisplinkan diri dengan jadwal terbitnya sendiri dan harus memiliki daya tarik dalam membuat cerita. Tidak ada orang yang mau membaca sesuatu jika itu tidak menarik merupakan patokan utama dari web novel.

9 comments:

  1. Setuju. Kunjungi web novel saya ya di wattpad. Hehe.
    http://www.wattpad.com/Adityatsu

    ReplyDelete
  2. Saya ingin bertanya ,,saya ingin melanjutkan membaca cerita novel yang berjudul JUST YOU akan tetapi kok nggak bisa,bisanya hanya sampai chapter 12 doang ?tolong yang tau beritau saya ya😊

    ReplyDelete
  3. Susah untuk mencari pembaca secara mandiri. Promosi gencar-gencaran malah mengurangi produksi menulis. Hihi. Salam kenal dari orang Ciamis

    ReplyDelete
  4. Hehe kuy kunjungi wattpad saya @perihmalam

    ReplyDelete
  5. Suka bacanya tetapi terkendala dengan episode yg tergembok😥😥😥

    ReplyDelete